Memetik Manfaat Susu Sapi

Susu sapi sudah familiar di telinga kita, namun seluk beluk tentang susu sapi itu sendiri belum tentu semua orang mengetahui, berikut kami sajikan artikel tentang hal tersebut yang kami kutip dari pikiran rakyat.com

Memetik Manfaat Susu Sapi
Oleh : M. Ikhsan Shiddieqy
Mahasiswa Departemen Produksi Ternak Fakultas Peternakan Unpad.

SAPI perah merupakan ternak penghasil susu yang sangat dominan dibandingkan ternak perah lainnya. Sapi perah sangat efisien dalam mengubah makanan ternak berupa konsentrat dan hijauan menjadi susu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di negara-negara maju, sapi perah dipelihara dalam populasi yang tertinggi, karena merupakan salah satu sumber kekuatan ekonomi bangsa. Sapi perah menghasilkan susu dengan keseimbangan nutrisi sempurna yang tidak dapat digantikan bahan makanan lain.
Dalam SK Dirjen Peternakan No. 17 Tahun 1983, dijelaskan definisi susu adalah susu sapi yang meliputi susu segar, susu murni, susu pasteurisasi, dan susu sterilisasi. Susu segar adalah susu murni yang tidak mengalami proses pemanasan. Susu murni adalah cairan yang berasal dari ambing sapi sehat. Susu murni diperoleh dengan cara pemerahan yang benar, tanpa mengurangi atau menambah sesuatu komponen atau bahan lain.
Secara biologis, susu merupakan sekresi fisiologis kelenjar ambing sebagai makanan dan proteksi imunologis (immunological protection) bagi bayi mamalia.
Sejarah manusia mengonsumsi susu sapi telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi, ketika manusia mulai mendomestikasi ternak penghasil susu untuk dikonsumsi hasilnya. Daerah yang memiliki peradaban tinggi seperti Mesopotamia, Mesir, India, dan Yunani diduga sebagai daerah asal manusia pertama kali memelihara sapi perah.
Hal tersebut ditunjukkan dari berbagai bukti berupa sisa-sisa pahatan gambar sapi dan adanya kepercayaan masyarakat setempat yang menganggap sapi sebagai ternak suci. Pada saat itu pula susu telah diolah menjadi berbagai produk seperti mentega dan keju. Ketersediaan susu di zaman modern ini merupakan hasil perpaduan antara pengetahuan tentang susu yang telah berusia ribuan tahun dengan aplikasi teknologi dan ilmu pengetahuan modern.
Prof. Douglas Goff, seorang dairy scientist dari University of Guelph, Kanada menyatakan, komposisi susu terdiri atas air (water), lemak susu (milk fat), dan bahan kering tanpa lemak (solids nonfat). Kemudian, bahan kering tanpa lemak terbagi lagi menjadi protein, laktosa, mineral, asam (sitrat, format, asetat, laktat, oksalat), enzim (peroksidase, katalase, pospatase, lipase), gas (oksigen, nitrogen), dan vitamin (vit. A, vit. C, vit. D, tiamin, riboflavin). Persentase atau jumlah dari masing-masing komponen tersebut sangat bervariasi karena dipengaruhi berbagai faktor seperti faktor bangsa (breed) dari sapi.
Susu merupakan bahan pangan yang memiliki komponen spesifik seperti lemak susu, kasein (protein susu), dan laktosa (karbohidrat susu).

Lemak susu
Persentase lemak susu bervariasi antara 2,4% – 5,5%. Lemak susu terdiri atas trigliserida yang tersusun dari satu molekul gliserol dengan tiga molekul asam lemak (fatty acid) melalui ikatan-ikatan ester (ester bonds). Asam lemak susu berasal dari aktivitas mikrobiologi dalam rumen (lambung ruminansia) atau dari sintesis dalam sel sekretori. Asam lemak disusun rantai hidrokarbon dan golongan karboksil (carboxyl group). Salah satu contoh dari asam lemak susu adalah asam butirat (butyric acid) berbentuk asam lemak rantai pendek (short chain fatty acid) yang akan menyebabkan aroma tengik (rancid flavour) pada susu ketika asam butirat ini dipisahkan dari gliserol dengan enzim lipase.
Lemak susu dikeluarkan dari sel epitel ambing dalam bentuk butiran lemak (fat globule) yang diameternya bervariasi antara 0,1 – 15 mikron. Butiran lemak tersusun atas butiran trigliserida yang dikelilingi membran tipis yang dikenal dengan Fat Globule Membran (FGM) atau membran butiran lemak susu. Komponen utama dalam FGM adalah protein dan fosfolipid (phospholipid). FGM salah satunya berfungsi sebagai stabilisator butiran-butiran lemak susu dalam emulsi dengan kondisi encer (aqueous) dari susu, karena susu sapi mengandung air sekira 87%.
Lemak susu mengandung beberapa komponen bioaktif yang sanggup mencegah kanker (anticancer potential), termasuk asam linoleat konjugasi (conjugated linoleic acid), sphingomyelin, asam butirat, lipid eter (ether lipids), b-karoten, vitamin A, dan vitamin D. Meskipun susu mengandung asam lemak jenuh (saturated fatty acids) dan trans fatty acids yang dihubungkan dengan atherosklerosis dan penyakit jantung, namun susu juga mengandung asam oleat (oleic acid) yang memiliki korelasi negatif dengan penyakit tersebut. Lemak susu mengandung asam lemak esensial, asam linoleat (linoleic acid) dan linolenat (linolenic acid) yang memiliki bermacam-macam fungsi dalam metabolisme dan mengontrol berbagai proses fisiologis dan biokimia pada manusia (D. Mc Donagh dkk., 1999).

Protein susu
Protein dalam susu mencapai 3,25%. Struktur primer protein terdiri atas rantai polipeptida dari asam-asam amino yang disatukan ikatan-ikatan peptida (peptide linkages). Beberapa protein spesifik menyusun protein susu. Kasein merupakan komponen protein yang terbesar dalam susu dan sisanya berupa whey protein. Kadar kasein pada protein susu mencapai 80%. Kasein terdiri atas beberapa fraksi seperti alpha-casein, betha-casein, dan kappa-casein. Kasein merupakan salah satu komponen organik yang berlimpah dalam susu bersama dengan lemak dan laktosa.
Kasein penting dikonsumsi karena mengandung komposisi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Dalam kondisi asam (pH rendah), kasein akan mengendap karena memiliki kelarutan (solubility) rendah pada kondisi asam. Susu adalah bahan makanan penting, karena mengandung kasein yang merupakan protein berkualitas juga mudah dicerna (digestible) saluran pencernaan.
Kasein asam (acid casein) sangat ideal digunakan untuk kepentingan medis, nutrisi, dan produk-produk farmasi. Selain sebagai makanan, acid casein digunakan pula dalam industri pelapisan kertas (paper coating), cat, pabrik tekstil, perekat, dan kosmetik.
Pemanasan, pemberian enzim proteolitik (rennin), dan pengasaman dapat memisahkan kasein dengan whey protein. Selain itu, sentrifugasi pada susu dapat pula digunakan untuk memisahkan kasein. Setelah kasein dikeluarkan, maka protein lain yang tersisa dalam susu disebut whey protein.
Whey protein merupakan protein butiran (globular). Betha-lactoglobulin, alpha-lactalbumin, Immunoglobulin (Ig), dan Bovine Serum Albumin (BSA) adalah contoh dari whey protein. Alpha-lactalbumin merupakan protein penting dalam sintesis laktosa dan keberadaannya juga merupakan pokok dalam sintesis susu.
Dalam whey protein terkandung pula beberapa enzim, hormon, antibodi, faktor pertumbuhan (growth factor), dan pembawa zat gizi (nutrient transporter). Sebagian besar whey protein kurang tercerna dalam usus. Ketika whey protein tidak tercerna secara lengkap dalam usus, maka beberapa protein utuh dapat menstimulasi reaksi kekebalan sistemik. Peristiwa ini dikenal dengan alergi protein susu (milk protein allergy).

Karbohidrat susu
Karbohirat merupakan zat organik yang terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat dapat dikelompokan berdasarkan jumlah molekul gula-gula sederhana (simple sugars) dalam karbohidrat tersebut. Monosakarida, disakarida, dan polisakarida merupakan beberapa kelompok karbohidrat. Laktosa adalah karbohidrat utama susu dengan proporsi 4,6% dari total susu. Laktosa tergolong dalam disakarida yang disusun dua monosakarida, yaitu glukosa dan galaktosa. Rasa manis laktosa tidak semanis disakarida lainnya, semacam sukrosa. Rasa manis laktosa hanya seperenam kali rasa manis sukrosa.
Laktosa dapat memengaruhi tekanan osmosa susu, titik beku, dan titik didih. Keberadaan laktosa dalam susu merupakan salah satu keunikan dari susu itu sendiri, karena laktosa tidak terdapat di alam kecuali sebagai produk dari kelenjar susu. Laktosa merupakan zat makanan yang menyediakan energi bagi tubuh. Namun, laktosa ini harus dipecah menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim bernama laktase agar dapat diserap usus.
Enzim laktase merupakan enzim usus yang digunakan untuk menyerap dan mencerna laktosa dalam susu. Enzim adalah suatu zat yang bekerja sebagai katalis untuk melakukan perubahan kimiawi, tanpa diikuti perubahan enzim itu sendiri. Jika kekurangan enzim laktase dalam tubuhnya, manusia akan mengalami gangguan pencernaan pada saat mengonsumsi susu. Laktosa yang tidak tercerna akan terakumulasi dalam usus besar dan akan memengaruhi keseimbangan osmotis di dalamnya, sehingga air dapat memasuki usus. Peristiwa tersebut lazim dinamakan intoleransi laktosa.
Pada saat bayi, manusia memproduksi sejumlah banyak enzim laktase untuk mencerna susu. Namun, enzim laktase ini biasanya berkurang pada saat dewasa yang pada akhirnya menyebabkan manusia tersebut tidak mampu mencerna laktosa. Kejadian ini biasanya terjadi pada seseorang yang tidak terbiasa mengonsumsi susu segar sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari. Akibatnya pada saat dewasa tidak memiliki kekebalan terhadap laktosa, sehingga orang tersebut akan takut mengonsumsi susu segar. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara mengubah susu menjadi produk lain seperti yoghurt. Pada yoghurt, laktosa dipecah menjadi lebih sederhana dengan bantuan bakteri. Intoleransi laktosa disebabkan pula pengaruh genetik.***

M. Ikhsan Shiddieqy, Mahasiswa Departemen Produksi Ternak Fakultas Peternakan Unpad.

About these ads

49 Tanggapan

  1. This piece of writing is genuinely a fastidious one it helps new internet visitors, who are
    wishing for blogging.

  2. Good way of describing, and nice article to obtain data about
    my presentation subject matter, which i am going to present in academy.

  3. pengen usaha jualan susu ..dmn ya bisa saya dapatkan penyalurnya

  4. My relatives all the time say that I am killing my time here at web, except I
    know I am getting knowledge every day by reading such good articles.

  5. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the same comment.

    Is there any way you can remove me from that service?
    Appreciate it!

  6. Wah sepertinya pembelajaran akan pangan rumit juga y?

  7. [...] 2007. Manfaat Susu Sapi           http://1ggplus.wordpress.commemetik-manfaat-susu-sapi/. (Di akses tgl 25 Desember [...]

  8. udah baca buku miracle of enzyme ?? anda pasti terkejut ketika mengetahui fakta tentang susu !!

    • buku itu salah…silakan cari referensinya di internet…
      bila agama anda islam, bisa di lihat di surat anahl ayat 66

  9. Susu sapi murni ƔªйǤ telah dipanaskan, boleh ƍäª diberikan untk bayi dibwh 6bln?

  10. Jual susu kambing etawa Rp 30.000/ liter,apabila 2 liter sekaligus Rp 25.000/liter.hub : sardiman 02192350825/085213181673/085717789714.Lokasi di Jakarta selatan.Susu kami antar sampai tujuan minimal 2 liter ( u/ daerah jak-sel, Ciledug, Depok, Sawangan ) minimal 4 Liter u/ Jak-Bar,Jak-Pus

  11. wah…sip…seperti makalah kuliahan…he2…

  12. Minum susu terus bisa gemuk ga sih???

  13. aku juga suka susu…

  14. BOMECTIN Pour On For Cattle adalah obat anti parasit yang sangat efektif untuk cacing (parasit internal ) dan caplak, kutu dan lalat (parasit external) dan dengan cara pemberian yang mudah hanya DITETESKAN DI PUNGGUNG DARI PANGKAL LEHER SAMPAI PANGKAL EKOR TERNAK SAPI, efektif untuk pencegahan dan pengobatan cacing saluran pencernaan, cacing hati, cacing paru, caplak, kutu , larva dan lalat. Menyembuhkan luka-luka koreng dan infeksi pada sapi.(http://bomectin.wordpress.com)

  15. [...] praktikum yang keras dan bahkan belum pernah dirasakannya misalnya praktikum tentang daging,telur, susu, unggas, nutrisi ternak, piket kandang yang mewajibkan jam enam pagi harus sudah ada di kandang. [...]

  16. misalkan kolostrum susu sapi tidak diberikan pada anaknya maka akan diberikan kolostrum buatan…
    jadi bagaimana cara pembuatan kolostrum yang baik pada anakan sapi..?

  17. susu adalah air kehidupan…

  18. susu itu sangat penting seklai apalag untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhnannya. Didalam susu banyak zat-zat, kalsium, dll yang dibutuhkan oleh tubuh kita. tapi sangat disayangkan, indonesia masih mengimport susu dari luar negeri. hal ini dikarenakan para peternak sapi perah kita tak dapat memenuhi kebutuhna masyarakat Indonesia sendiri harusnya ada peranan dari pemerintah Indonesia
    (http://adiliaa08.student.ipb.ac.id/)

  19. [...] misalkan sosis, kornet, nugget, lidah asap, abon, dengdeng, dsb. Saya juga senang kalau mengolah susu yang dikelola menjadi yoghurt,dll. Dan saya semakin cinta dengan jurusan saya yaitu ilmu produksi [...]

  20. kalo juga tetap gak suka yogurt,,gimana mensiasati orang lang laktosintoleran?

  21. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  22. tolong mas diperinci kegunaan susu sapi secara benar , thanks

  23. Saya minum susu setiap pagi dan malam..
    Semenjak saya mulai minum susu saya merasa kalau otak saya terasa lebih fresh dan mudah untuk berpikir..

  24. Bagus banget artikelnya, ngebantu banget usaha ku:)
    Tolong emailkan manfaat susu lengkap untuk setiap jenis (susu kedelai, susu murni, susu kambing dll) karena ada manusia yg tidak dapat mencerna laktosa, jadi ingin tahu substitusinya susu apa. tq

  25. http://dahlaniskan.wordpress.com/2009/05/18/susu-sapi-bukan-untuk-manusia/

  26. benarkah susu sapi kolustrum itu dapat digunakan untuk manusia?

  27. benarkah susu kolustrum itu dapat digunakan untuk manusia?

  28. klo susu terus di minum rutin bagus gak sich

  29. bnar g sch susu panas bkin kta ngntuk?????

  30. bagus artikelnya… walaupun banyak istilah2 ilmiahnya… tapi sangat bermanfaat ;)

    btw, baru tau juga klo orang dewasa yg tidak membiasakan diri minum susu sapi dari kecil… akan bermasalah ketika mengkonsumsinya…
    jadi yogurt sebagai solusinya ya…

  31. aku mo tanya susu punya efek antibakteri nggak?? penting coz mau buat skripsi ttg susu sbgefek antibakteri
    tlng di email ya…
    trims

  32. Mau, tanya?
    Apa betul minum susu dapat menetralisir racun yang mungkin kita hirup atau menetralisir asap rokok sehingga paru-paru menjadi bersih?
    Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Salam,
    Tiyanto

  33. wah blog ne ngebantu bgt untuk bkin laporan q

  34. ada gak produk susu sapi segar yang bisa di peroleh di sulawesi tengah? palu. kalo ada to;ong kirim ke email saya. and 10Q buat blognya ini.

  35. [...] minum susu kalsium tinggi dan rendah lemak loh. Manfaat susu secara detail dapat dilihat di http://1ggplus.wordpress.com/2007/11/05/memetik-manfaat-susu-sapi/ Possibly related posts: (automatically generated)Susu Bayi, Susu Ibu, Susu KitaPenjelasan dan [...]

  36. [...] 6. Minum susu. Bukan anak kecil cuy. Susu emang dibutuhkan buat semua. Dari yang kecil mpe yang bangkotan. Efeknya ke gw seh jadi bikin cepet tidur. Mo tau manfaat susu? Klik disini! [...]

  37. slrup…slurp…minum susu emang sehat…….

  38. [...] (sumber: 1ggplus.wordpress.com) [...]

  39. Hehe….buang2 duit aja beli susu? udah tau belom kejelekan susu kalo sering2 diminum?

    coba ke:

    antisusu.blogspot.com

  40. Tolong jelaskan penyebab susu menjadi tengik ?

  41. Saya senang sekali setelah menemukan website ini, karna secara tdk langsung dapat menambah wawasan & pengaetahuan saya.
    Blog yang bagus memuat tentang penting nya susu, kebetulan aku jual susu murni & kefir yang berasal dari susu sapi. jadi tolong kirin artikel or apapun yang berkaitan tentang penting nya susu sapi & kefir..
    Trims karna telah beblas email saya, saya tunggu balasannya..

  42. apakah susu dapat menyebabkan kegemukan

  43. tolong kirimkan di email saya, referensi tentang sifat ternak kambing dalam memilih makanannya. ok……..penting!!!!!

    :: Silahkan ke http://fiascofarm.com/goats/index.htm

  44. Susu dirasa mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat dan selain itu menambah penghasilan peternak sehingga kesejahteraan peternak akan meningkat.
    oleh sebab itu mahasiswa terutama peternakan dan kedokteran hewan dirasa perlu untuk mengkampanyekan “Ayo Minum Susu”….


    ::Betul…….dimulai dari anda…sudah minum susu belum ?

  45. @ hadi
    what’s susu information do you need?

  46. please send me email everything about susu…thanks

  47. @Imcw
    susu menyusu sudah terjadi sejak mahkluk menyusui ada dibumi ini he..he..

  48. Blog yang bagus, mengkhususkan diri dalam bidang persusuan. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: