SUSU FORMULA DAN MAKANAN BAYI YANG TERCEMAR BAKTERI

Ini tentu sebuah berita buruk yang mengejutkan kita, bagaimana mungkin susu formula dan makanan bayi yang telah melalui uji baik dari pabrik maupun uji secara berkala dari Depkes dapat tercemar oleh Bakteri.   Namun demikianlah yang terjadi setidaknya menurut DR. SRI Estunigsih seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB
Sangat penting dipahami bahwa susu formula bayi bukanlah produk steril, sehingga dalam penggunaannya serta penyimpanannya perlu perhatian khusus untuk menghindari kejadian infeksi karena mengkonsumsi produk tersebut.
Berikut ini adalah artikel lengkapnya yang kami kutip dari http://www.ipb.ac.id/id/?b=598

Makanan dan Susu Formula Bayi yang beredar di Indonesia Terkontaminasi Enterobacter sakazakii
Jumat, 15 Februari 2008

Peneliti Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terdiri dari Dr. Sri Estuningsih, mengungkapkan sebanyak 22,73 persen susu formula (dari 22 sampel) dan 40 persen makanan bayi (dari 15 sampel) yang dipasarkan antara April – Juni 2006 telah terkontaminasi Enterobacter sakazakii. ” Sampel makanan dan susu formula yang kami teliti berasal dari produk lokal,” kata Estu. Menurut Estu, selain dirinya, beberapa staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang bergabung dalam penelitian ini antara lain: Drh.Hernomoadi Huminto MVS, Dr. I.Wayan T. Wibawan, dan Dr. Rochman Naim.

Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama, isolasi dan identifikasi E.sakazakii dalam 22 sampel susu formula dan 15 sampel makanan bayi. Tahap kedua, menguji 12 isolat E.sakazakii dari hasil isolasi dan kemampuannya menghasilkan enteroksin (racun) melalui uji sitolisis (penghancuran sel). Dari 12 isolat yang diujikan terdapat 6 isolat yang menghasilkan enteroksin. Uji selanjutnya adalah menguji isolat tersebut pada kemampuan toksinnya setelah dipanaskan. Terdapat 5 dari 6 isolat tersebut yang masih memiliki kemampuan sitolisis setelah dipanaskan.

Selanjutnya Estu menentukan satu kandidat dari isolat tersebut dan menguji enterotoksin serta bakteri vegetatifnya pada bayi mencit berusia enam hari. Bayi mencit diinfeksi melalui rute oral (cekok mulut) menggunakan sonde lambung khusus dan steril. Setelah 3 hari kemudian dilakukan pengambilan sampel organ mencit tersebut. “Hasil pengujian enteroksin murni dan enteroksin yang dipanaskan dan bakteri mengakibatkan enteritis (peradangan saluran pencernaan), sepsis (infeksi peredaran darah) dan meningitis (infeksi pada lapisan urat saraf tulang belakang dan otak). Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan metode hispatologi menggunakan pewarnaan Hematoksilin Eosin.

Penelitian ini menyimpulkan di Indonesia terdapat susu formula dan makanan bayi yang terkontaminasi oleh E. Sakazakii yang menghasilkan enterotoksin tahan panas dan menyebabkan enteritis, sepsis dan meningitis pada bayi mencit. Dari hasil pengamatan histopatologis yang diperoleh masih dibutuhkan penelitian senada yang lebih mendalam untuk mendukung hasil penelitian tersebut. Sangat penting dipahami bahwa susu formula bayi bukanlah produk steril, sehingga dalam penggunaannya serta penyimpanannya perlu perhatian khusus untuk menghindari kejadian infeksi karena mengkonsumsi produk tersebut.

Estu secara pribadi telah menlihat langsung fasilitas salah satu perusahaan makanan dan susu formula dengan omzet terbesar di Indonesia. “Sebagian besar fasilitas tersebut telah memenuhi standar operasional prosedure perusahaan susu formula bayi, dan saat ini masih terus dilakukan upaya untuk mencegah kontaminasi tersebut,” ujar Estu. (ris)

About these ads

111 Tanggapan

  1. Ini masukan yang bagus. Walaupun kasusnya sudah lama tapi tetap harus hati-hati dalam membeli susu formula

  2. [...] SUSU FORMULA DAN MAKANAN BAYI YANG TERCEMAR BAKTERI [...]

  3. ternyata setelah ditunggu sekian lama sampai menterinya sudah ga ada alias meninggal dunia susu berbakteri tidak pernah diungkap. Ini bukti bahwa pemerintah amat takut sama asing.

  4. Hei, Akan AS jauh lebih baik menempel ke Suriah Assad ?

  5. numpang info http://www.agen1000susu.blogspot.com

    susu organik terbaik di asia

  6. saya balita 8 bulan ,mau mamam kok repot yak?

  7. nyawa sama uang diindonesia masih mahal uangnya…tenang aja…siapa yang punya uang bisa membeli segalanya…termasuk masa depan indonesia yang diborong sana sini..he.h.e.hidup uang…!!1!

  8. bener bgt…harusnya susu yang berbakteri tidak di edarkan….dipasaran..sehingga tidak meresahkan ibu-ibu yang menggunakan produk susu formula.

  9. Kalau emang betul ada susu yang tercemar Bakteri pemerintah seharusnya mengumumkan agar masyarakat tahu jang dibuat masayrakat berpolemik dengan keadaan ini kan kasihan atau nati jatu korban baru bertindak , atau aparat pemerintah kita yang berkopeten tidak mampu menelitih, bagaimana mau mampu semau sudah terklontaminasi dengan perkiran untuk menjadi penjajah bangsanya sendiri deng berlindung dibalik wewenangnya. Kan Indonesia sekarang memasuki penjajahan tahap K 3 dari bangsa Sendiri.

  10. WAHAI ORANG-ORANG YANG BERSANGKUTAN..

    Dengarkanlah keluhan rakyat, karena tuhan akan mengambil pendengaranmu jika tidak kau gunakan…

    perhatikanlah nasib para bayi,
    jika kamu tidak ingin kembali menjadi seperti bayi..
    ( mau makan disuapin, mau jalan dipegangin..)

    bersikaplah tegas, jujur, dan ungkapkan kebenaran.
    karena, dengan begitu tuhan akan menolongmu dari segala keburukan!

  11. tolong pemerintah perhatikan bangsa ini, bukan nya cari jalan cepat mengurangi jumlah penduduk. apa kalian bukan orangtua juga. jangan karena uang malahan menghancurkan masa depan bangsa indonesia……
    KALO TIDAK BUTA DAN TULI COBA LIHAT DAN DENGAR KELUHAN MASYARAKAT………GOBLOK

  12. orang2 itu punya hati ga ya??
    kita2 ini rakyat kecil dan punya balita resah semua….
    tolong pemerintah perhatikan rakyatnya

  13. mendingan susunya suruh minumin aja ke para pejabat yg g mau mgumumin merk susu formula yg terkontamine bakteri,biar rasa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!….PAYAH…………..PEMERINTAH JGN MASA BODHO DONG…….mau generasi kecil indonesia hilang yah!!!!!!!!!!!!!!!!!karena korban susu formula………….

  14. ah… sebegitu parahkah penyakit yang diderita negeri ku tercinta ini sehingga para peneliti dari sebuah universitas terkemuka dinegri ini sebegitu pengecut dan bisanya hanya meresahkan masayarakat, ngomong ini, omong itu tapi tidak mau tunjuk hidung! ada apa bu doktor, ngak bisa membuktikan ya kalau produk yang kena tunjuk hidungnya nuntut ? kalau nggak bisa/nggak berani sebaiknya nggak usah banyak omonglah biar masyarakat nggak resah! atau mungkin nunggu uang tutup mulut ya “astafirullah” jangan sampai buk, sungguh siapa lagi yang bisa kami harapkan! pemerintah yang tegas dong!!! BPOM kemana aja kalian?!!!

  15. kasian ibu sama anak bayi dong nanti yang kena malah anak bayi………kasian kan lagi masa pertumbuhan eh malah susunya ada bakterinya…………

  16. semoga aza pihak2 yg ngga niat ngumumin susu yg tercemar di beri anugerah terkena kanker akut stadium 4,,, biar sadar,,,

  17. EMANG KITA PUNYA PEMERINTAH YANG PEDULI MA RAKYAT?????????????? MIMPI KALI YEEEEE…….. YANG KITA PUNYA TUCH “PENJAJAH”

  18. Tanggapan aku klu gak sekolah:
    1. Karna KB gak berjalan lancar, diambil cara lain PENGURANGAN JUMLAH PENDUDUK dgn bakteri sakazaki.
    2. IPB, BPOM, MenKes, dan yg terkait dapat UANG KEAMANAN dari produsen susu formula.
    3. IPB, BPOM, MenKes punya saham di beberapa pabrik susu formula.

  19. susah memang hidup di indonesia….. buat apa ada IPB dan BPOM hanya meresahkan masyarakat…. kalo sudah bnyk korban baru di umumkan…….. dasar ga punya iman para pejabatnya……

  20. kok susah x pemerintah mau umum kan susu yg tercemar,,,,, iiiiiiiiiiiiiisssssssss keknya BPOM tidak ada gunanya, ada kok bs smpe susu yg tak layak diminum beredar dimana

  21. Susah klo mnunggu berita ataupun infonya, BPOM gak bakalan memberikan info susu formula apa yang terkontaminasi, bikin SAKIT HATI…. Lebih baik kita mencari info/artikel mengenai Bakteri Sakazakii & saya sudah membaca salah satu artikel diinternet, klo Bakteri Sakazakii mudah mati jika terkena air panas 70 derajat celcius dlm 15 detik..

    BPOM seharusnya lbh seleksi lg didlm pengawasan produk makanan sblm diedarkan ke masy… buat apa ada BPOM klo ternyata banyak produk makanan yg tdk layak dimakan oleh masy.
    ANAK-ANAK YG JADI KORBAN, pdhl anak-anak kita ad Generasi Penerus Bangsa… Kaciannya…

  22. saya hanya seorang ibu,tlg cepat umumkan apa saja
    susu yang terkena bakteri .
    apa anda tdk punya rasa?
    apa anda tdk punya hati nurani sebagai orang tua?
    jangan cuma pikir materi
    fikirkan juga nasib anak2 kita.

    • mudah2an anak cucu keturunan menkes,BPPOM, dan yang seharusnya berwenang,tetapi tdk mw mngumumkan, mudah2an di tunjukkan oleh Allah, Amiin

  23. jdi…. ap ngra kita nich klo ado susu racun…..

  24. SUDAH JELAS PEMERINTAH KITA ITU BAGAIMANA ? MENYELESAIKAN MASALAH SUSU SAJA TIDAK BISA APALAGI MENYELESAIKAN KEMISKINAN YANG RUMIT, INI CONTOH ! JADI BUAT APA DIGAJI BANYAK-BANYAK TOH HANYA UNTUK ORANG YANG KERJANYA BERDEBAT KAYAK TUKANG (BECA) REBUTAN PENUMPANG ! PAYAH, PAYAH

  25. MENKES YANG TERHORMAT TOLONG DONG KEJELASANNYA MENGENAI DAFTAR SUSU YNG TERCEMAR JANGAN SAMPAI INFORMASI INI DIMANFAATKAN OLEH OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB,UNTUK GENERASI PENERUS BANGSA BERBUATLAH TERBAIK BU…MENKES

    • terhormat APPPAANNNE?, ini pembunuhan masal, tidak perlu memberi hormat kpd manusia yg tidak menghormati rakyatnya.

  26. MENKES, BPOM dan IPB itu sadar ga seh… apa mereka ga punya anak bayi , ga punya cucu, ponakan , cicit yg msh pada bayi yach…..coba kalau penyakitnya mengenai salah satu anak/ cucu mrk…gmana rasanya……. sy doakan se benar2 kena karmanya tu mrk…..biar tau rasa…

  27. mulut besar IPB, pengecut….

  28. MEMANG SEKARANG INI PEMERINTAH KITA SEDANG BEGO DAN SEDANG DI BIKIN BONEKA SAMA ORANG-ORANG YANG KATANYA TAU AGAMA,TAPI MENURUT SAYA ORANG-ORANG DI PEMERINTAHAN KITA INI TAK UBAHNYA ORANG-ORANG YAHUDI YANG KAFIR…YANG HANYA MEMENTINGKAN KEPENTINGAN NYA SENDIRI….PANTES NEGARA KITA SERING TERKENA BENCANA….KARENA UNTUK KESEHATAN BAYI PUN MEREKA MASIH MIKIR-MIKIR,DASAR OTAKNYA SEMUA ADANYA DI DENGKUL….IBARAT KAMBING DI CUCUK HIDUNGNYA……WELEH WELEH

  29. Anak saya termasuk konsumen susu formula, Tolong pemerintah terbuka aja, soalnya semakin lama ditutup-tutupi semakin busuk bangkai yang disimpan dan akibatnya semakin parah, tolong cari solusi yang terbaik jangan pakai filosofi ” Diam itu adalah emas “. Salut para peneliti di IPB tapi lebih baik terbuka kepada publik saja .

  30. saya mau daftar susu yang mengandung bakteri sakazaki segera di umumkan….saya tidak mau susu yg anak saya minum,trmasuk susu yg da di brita2.please…ini demi kepentingan anak bangsa….

    • ada ASI ko dikasih formula…………………………..

  31. Dimohon untuk bersabar untuk menunggu pernyataan resmi dari pemerintah. Penelitian juga membutuhkan proses ibu-ibu.. Susu formula yang steril kalau penyimpanan tidak higienis bisa berakibat lebih fatal lagi kan bu. jadi yang terpenting adalah dengan memberikan asupan alami lain yang dibutuhkan oleh bayi yang bisa menambah sistem imun/kekebalan alami bayi.

  32. Ini pelajaran berharga bagi kita smua, tidak ada yang bisa dipercaya dalam hal ini. Pemerintah yang pro kapitalis takut membeberkan merek susu yang tercemar, karena pemerintah lebih takut digugat oleh perusahaan susu formula. Pemerintah lebih aman mengorbankan rakyatnya demi alasan ekonomi, bukan kemanusiaan dan masa depan bangsa ini. Yang kedua, Perusaahan berlaku curang hanya mementingkan keuntungan belaka tanpa memperdulikan efeknya. Yang ketiga, kembalilah ke jalan yang benar, gunakan SUSU ASI yang sudah terjamin aman, sehat dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh belahan kita. Dan mendekatkan hubungan emosional antara Ibu dan Anak. Murah, Aman dan keluarga tambah harmonis.

  33. Klau susu likal pada tahulah semua.

  34. SABAR YA IBU-IBU….

    KITA / BPOM DAN IPB sekarang sedang nego dengan Produsen susu, nanti akan kita umumkan merek-merek susu yang tidak mau mbayar ke saja. Yang sudah mbayar akan kita hapus.

    BPOM & IPB

  35. Kalau langsung diumumin pastinya bangkrut, susu ybs, krn dtarik dari peredaran. Mgkn jdnya yg berkepentingan nego dulu ma ybs.. Inget Bung! ini emang kesalahan produk ente, sudah syukur dibantuin periksa drpd jatuh korban ente di syu.. Inget dosa besar kalo menutupi kebenaran yg berakibat celaka bagi bayi dan anak2yg tak berdosa. Mana hati nurani?? Ingat -ingat hidup cuma satu kaliii… Labih baik bertekad memperbaiki diri. Lalu dibuktikan / ga perlu takut diperiksa lagi, berarti menjaga jaminan mutu. Kita lebih hargai :)

  36. susu apa saja tolong segera di umumkan merek susu yg terkena bakteri…….karena sangat berpengaruh bagi pertum buhan si bayi tolong bapak presiden jangan bikin saya dek dek kan………karena adik saya tidak minum asi/air susu ibu tolong bapak presiden

  37. jgn smpai kt termakan dan dipermainkan oleh rekayasa yahudi.tlg berikan info yg sbnr2nya ttg sufor trsbt.kmi para ibu sgt resah karena kami menginginkan anak2 kami mnjdi generasi penerus yg ber KUALITAS !!!

  38. Bisa gk cek lab gthu biar tau ada penetrasi sakazakii…klo ada kan brarti susu y qt pake itu tmasuk kan…ada y tau gk niiii…secara dr sebulan asi gw gk kluar..yaaa bs disebut bayi sapi si…full sufor…”panik n was2mode”….pliss deh..dr doloo klo soal tranparansi gk bnerr de negara qt ni…beda tipis aja ma abah s*h**o…

  39. gakan di jawab. bu. biasa lah birokrasi indonesia…. pajak dari cukainya besar harap maklum ……………

  40. buset dah WOII…. kupingnya apa pada tuli ya?
    dari 2008 sampe sekarang 2009 ditanya apa merek susunya ga dijawab-jawab?

    • mank qm tw baca ta??????????????????????

  41. eeemmmmm
    klo susu formula ada bakteri trus klo udah gD minum susu ap donk…………???????????///
    msasa minum ASI lg, ga mungkin kan??????????
    gimana ne pemerintah, cari solusi donk..bikin susu dari susu monyet ke, heeeeeeeeeeeeeeeeee

  42. susu banyak bener jenisnya, mohon ditingkatkan kinerja BPOM atau bubarkan saja

    • bkn jnisx aj ukran jg berbeda ??????????????????????????

  43. iya neh, tolong nama produknya…. jangan bikin kita panik dan penasaran

  44. TOLONG NAMA PRODUKNYA BU DOKTER,JGN NGOCEH AJA INFORMASINYA YANG JELAS.

  45. YA ALLAH BERIKAN GANJARAN BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB.INI DOA DARI PARA IBU DI INDONESIA

  46. Bismillah semoga anakku aman-aman saja. meski ada isu susu yang mengandung bakteri. mau gimana lagi kalo kita sebenarnya sudah dikepung banyak penyakit. yang penting banyak banyak baca sholawat ajah deh.. caci maki ke pemerintah ngga nyelesain masalah…

  47. yahh emang yg pinter sekarang ini dah banyak minterin orang lain .. tapi yg jelas saya fahami tentang susu itu yaaaa. seperti cari sensasi aja seh atau yg nliti ada main sama produsen susu itu . .. abis ga ada jluntrungnya cpdh

  48. sebutkan dong merek susu yang tercemar biar kita tau jelas. jangan ditutup-tutupi.

  49. [...] read more | digg story [...]

  50. [...] read more | digg story [...]

  51. Daripada bingun mending tiap hari bikin susu kedelai sendiri aja seperti saya, nggak ribet koq kalo pakai mesin otomatis susu kedelai seperti di http://sarikedelai.blogspot.com

  52. tolong donk di umumkan susu apa saja yang terkena bakteri sakazakii dan klu dapat kirim aja ke emailku

  53. TOLONG DIUMUMKAN NAMA SUSUNYA

  54. Semua ini gara-2x…….
    kemarin-2 Hujan Angin Badai ……..si PUTING beliung…atau belia…penghasil SUSU yang LezAT nikmAT berkhasiAT, kalau kumAT malAH bikin bejAT.

  55. Susah Emang saking pada Kepinteran Jadi tindakannya GOBLOK

    BPPOM, MENKES, IPB anda- anda ini bertanggung jawab atas keresahan RAKYAT saat ini. Termasuk kami, dikeluarga besar kami ada lebih dari SEPULUH ORANG BALITA Yang kesemuanya Minum Susu Formula.

    KALIAN INGAT dari penbelian Susu tersebut kami secara tidak langsung sudah BAYAR PAJAK buat GAJI KALIAN…….
    SIALAN KALIAN SEMUA
    BRENGSEK.

    Dibayar Berapa KALIAN SEMUA sama produsen SUSU ?
    TAKUT sama AMERIKA?
    HANCUR Negeri ini kalo penerus bangsanya PENYAKITAN

    Bu….Menkes anda mundur aza
    anda ngga pantas jadi menteri
    KAMI SAKIT HATI

    BAPAK PRESIDEN SBY yang terhormat Kami bangga
    memilih anda, ANDA HARUS TEGAS
    SEGERA UMUMKAN KEADAAN YANG SEBENARNYA
    Jangan buat kami berburuk sangka

    Kalo Sampai Tidak diumumkan
    Jangan Harap kami akan menghormati anda
    seperti kami memilih anda pemilu yang lalu

    Yang Pasti Kami berharap President Yang akan datang
    Adalah Presiden Yang SAYANG sama RAKYAT
    Presiden Yang bisa buat hati rakyat TENANG
    President Yang Takut sama ALLOH
    Bukan TAKUT sama America.
    KAMI RESAH
    KAMI RESAH
    KAMI RESAH
    KAMI RESAH
    KAMI RESAH
    1000 kali

    • SETUJU ………………………………
      SETUJU………………………………
      SETUJU……………………………….

    • saya juga setuju

  56. Hari ini ada sms yg masuk menyatakan beberapa nama produk susu. Karena tidak pasti akan keabsahan beritanya, saya tidak ikut menyebarkannya. Takut menyebarkan kabar bohong atw fitnah.

    Tapi kalau hal ini tidak diklarifikasi oleh Pemerintah, IPB bahkan YLKI, maka produk yang namanya tersebut di sms yang beredar, maka akan menjadi masalah yang besar.

    YLKI dong bantu…

    ::jangan cepat percaya bu…cek dulu kebenarannya.

  57. saya sangat kesal sekali dengan pemerintah maupun IPB yang sampai saat ini belum juga mengumumkan nama-nama susu formula bayi yang terkontaminasi bakteri. karena hal ini sangat-sangat meresahkan masyarakat. seharusnya IPB yang melakukan penelitian bertanggung jawab atas penelitian yang dilakukannya. kalo hanya menduga-duga seperti itu semua orang juga bisa. dan kepada pihak pemerintah khusus departemen kesehatan dan BPOM seharusnya jangan hanya bisa menyalahkan pihak IPB. seharusnya begitu isu ini dihembuskan pemerintah secepatnya melakukan penelitian untuk memastikan kebenaran yang dinyatakan pihak IPB bahwa susu formula bayi terkontaminasi bakteri, agar masyarakat tidak dalam keresahan. lagian untuk apa gunanya pemerintah kalo ngga bisa menyelamatkan generasi bangsa ini, lebih baik berhenti saja. Khususnya kepada para Dokter yang melakukan penelitian bertanggung jawab donk secara moral, dimana rasa kemanusiannya kalo nama-nama susu nya dirahasiakan banyak donk anak-anak yang jadi korban, jangan-jangan penelitiannya ASBUN aja ( ASAL BUNYI ).

    ::selama tidak ada penjelasan resmi dari pihak yang berkompeten..saya rasa istilah ASBUN ini bisa kita pakai

  58. Biasa budaya di Indonesia semua dibikin polemik dulu ujung – ujungnya masalah pokok malah dilupain …
    abis semua sibuk cari siapa yang salah bukan menyelesaikan masalah
    wong udah jelas yang neliti orang pinter eh dibales ama orang yang katanya pinter ….
    orang -orang dengerein debatnya malah jadi pusing
    cepetan dong urusin masalahnya …… jangan timbul masalah baru

  59. Biasa budaya di Indonesia semua dibikin polemik dulu ujung – ujungnya masalah pokok malah dilupain …
    abis semua sibuk cari siapa yang salah bukan menyelesaikan masalah
    wong udah jelas yang neliti orang pinter eh dibales ama orang yang katanya pinter ….
    orang -orang dengerein debatnya malah jadi pusing
    cepetan dong urusin masalhnya …… jangan timbul masalah baru

    ::paling ujung-ujungnya ….it

  60. jangan jangan ini cuman taktik bisnis,knp sampe sekarang ga diumumkan merk susu formulanya.Biar para produsen susu rame rame nyetor duit ke BPOM dan LIPI IPB..hari gini gitu lho..ntar kalo setoran uda nyampe baru diralat bahwa penelitian mereka salah.. ayo Pak SBY jangan diam aja katanya perduli ama anak bangsa..mau jadi apa anak bangsa sampai sekarang masih ngurusin susu aja……

  61. Memang betul kalo dokter hewan melangkahi wewenang. tapi kita juga ngk tau . mungkin saja instansi / peneliti yang bersangkutan menutup mulut mereka dengan lem!!!!???? atau mereka enggan membuka keteledoran mereka sendiri. ( yoo isin ta lah cak…. cak .. buka aib sendiri!!) akhirkan peneliti lainnya yang membuka aib tersebut. kan bisa juga, bener nggak ????!!!!


    ::Ya…si Intan Komennya dobel

  62. Memang betul kalo dokter hewan melangkahi wewenang. tapi kita juga ngk tau . mungkin saja instansi / peneliti yang bersangkutan menutup mulut mereka dengan lem!!!!???? atau mereka enggan membuka keteledoran mereka sendiri. ( yoo isin ta lah cak…. cak .. buka aib sendiri!!) akhirkan peneliti lainnya yang membuka aib tersebut. kan bisa juga, bener nggak !!!!


    ::mungkin sebaiknya dokter hewan berkolaborasi dengan dokter non hewan, saya rasa kalau lem kurang kuat bisa saja ditutup dengan plesteran semen

  63. Aduh aku jadi pusing nih dengan adanya muncul bakteri Enterobacter sakazakii apalagi anak’ku menglomsumsi sus formula dari umur 1 bulan. Aduh gimana ya…
    semoga aja ini hanya isu belaka. Dan kepada Badan POM dan


    ::lho kok komennya terpotong ? guwe sambung nih…..dan lain-lain

  64. PS : gw pernah kecipratan dana fiktif nye PNS xixixixixixi
    ternyata hidup ini hanya untuk menjalan kan yang palsu…. fiiuuuhhhh :-)

    ::Kalau kecipratan basah dunk ?>

  65. Waaahhhh IPB lagi Cari perhatian sama pemerintah niiiiih…
    biar di tambahin dana fiktif nye…

    apa lagi ngabisin dana fiktif? dengan cara Caper????

    PNS emang dari dulu ga ada mati nye !! dari dulu ye gitu2x aje…

    PERADABAN Bangsa ini terhambat karena, sifat bangsa melayu ini, masih malu2x dalam pembuktian, padahal katanya sekolah sampai negara Jerman dengan gelar S3 S4 S teler
    AYO MAJULAH BANGSAKU
    BILANG ; bahwa yang benar itu adalah benar , yang salah itu salah,

    jangan takut, maju nya perdaban akan di tandai dengan hal positif dan hal negatix secara bersamaan :-)

    br
    penghuni planet bumi


    ::Yah…ini bukan bangsa Melayu bung…ini Bangsa Indonesia..termasuk suku Melayu didalamnya

    • yup… jangan asal bacod

  66. Ayah ..
    Begitu Sulitnya Hidup di Sini.. Mo.. Minum Susu Aja ada Bakteri
    Mo Makan Daging Takut Antraks, Mo Makan Ayam Ada Flu Burung, Mo Makan Sayuran Banyak Festisida..

    Untuk Masalah Susu Gw Jadi Bingung, ada berita menyebutkan Penelitian dilakukan Tahun 2003 trus ada lagi 2006,.. Jadi Tahun Berapa.. yang seeeebeenarnya ..!!!

    Menkes jangan hanya ngomong doank “SUSU AMAN DIKONSUMSI”,..Tunjukkan kepada Masyarakat Merk susu tersebut dan Buktikan Bahwa Benar-benar tidak tercemar Bakteri..


    ::Coba IBU MENKES Minum susu formula bayi itu…satu liter…dan tunggu reaksinya setengah jam…?

    • wah,klu menkesnya yg minum percuma. ANAK/CUCUnya yangmasih bayi aja tuh, di cekokin, biar sama2 nasibnya kyk kita! dasar BAJINGAN SEMUA!

  67. “::itulah kelebihan IPB ………..tahu singkatannya yang laen adalah Institut Purapura Bodoh”

    wah kang, becanda sih becanda, tapi kalo kasih koment jangan asal “buang” di media publik, yang diatas adalah salah satunya…

    saya cuma mo info, kalo baca koran hari jumat 29/02/08, di situ uda di jelasin, bahwa hasil penelitian ini uda di laporkan sejak akhir tahun 2006 ke BPOM dan beberapa penelitian terkait dipublish di jurnal internasional, baru heboh sekrang aja.

    trus kalo gitu siapa dunk yang pura-pura bodoh? Anda pasti tau siapa….

    salam

    ::udah saya delete, thanks

  68. Smoga Alloh segera mengangkat bencana ini dari bumi kita, termasuk manusia2 yg bikin susu buat anak2 gue dibiarkan tercemar. Ok… Gue dukung ipb. Viva ipb dan para penelitinya..
    Regards.
    BOEDOED.

    ::Viva IPB Juga khususnya angkatan -26

  69. [...] ini saya dengar di televisi sedang ribut-ributnya soal susu bayi yang mengandung bakteri sakazaki. Rata-rata banyak blog membicarakannya. saya jadi ingat kejadian anak adik saya “aga” yang [...]

  70. dugh……kita2 sebagai spg takut jga tapi takutnya barang kita sales nya turun he3333333333333X…….
    ipb jangan bikin smua cemas(termasuk aku)
    susu apa aja???????????………jangan bikin isu yang gag jelas duonk
    u/ bpk ibu bpom kok bisa ceroboh seh makanya jangan so tau kuliah dulu di ipb……

    ::Makanya IPB harus buka Jurusan Baru…yaitu Jurusan Ilmu dan Penyakit pada Susu

  71. Untung Pemain Sriwijaya FC bukan bayi lagi n ngga minum susu Formula, jd mungkin g terkena bakteri n tdk akan menurunkan performanya

    SFC1

    http://sriwijayafc1.wordpress.com


    ::Pemain Sriwijaya Hanya minum ASI Ekslusive…..sama Hemaviton

  72. Sorry, ada tambahan dikit, menurut aku bangsa Indonesia memang rata-rata menderita masokhis, satu bentuk penyimpangan kejiwaan yang senang disakiti dan disiksa. Resiko dan tragedi apapun yang akan datang, semua kita hadapi dengan sabar, tabah dan pasrah.

    ::saya rasa benar pendapat anda namun sabar, pasrah dan tabah tidak identik dengan masochist, hanya bagaimana menempatkan sabar , tabah dan pasrah itu sesuai dengan kondisi yang dihadapi…..orang Indonesia juga bisa sadis lho kalau sudah nggak tahan lagi dengan penderitaannya.

  73. Ini namanya “Mati Bercanda ala Indonesia.” Yang namanya standar keamanan dan keselamatan semuanya dikompromikan. Dikorupsi. Dicuekin.

    Lihat apa yang dilakukan pemerintah setelah hasil penelitian IPB dipublikasikan ? Bingung, bingung dan bengong. Tidak ada sense of Crisis.

    Jangan-jangan, sebentar lagi media massa akan memberitakan, bahwa para peneliti IPB disalahkan dan dikenakan sanksi karena melakukan penelitain yang tidak sesuai dengan aturan dan prosedur.

    ::ini mah bukan mati bercanda lagi…tapi mati ketawa bersama bakteri susu formula ala Indonesia

  74. kemarin iseng – iseng searching di google, apakah isu
    yg sedang berkembang tentang susu tercemar bakteri
    memang benar – benar ada atau tidak. ternyata sejak
    tahun 80an hal itu sudah ada. bahkan di beberapa
    negara sudah banyak yg ditarik.semoga saja produk
    tersebut tidak ada di Indonesia dan segera
    diklarifikasi sama BPPOM + IPB.

    http://www.google.com/search?hl=en&q=recall+infant+sakazakii+product&btnG=Search

    http://www.naba-breastfeeding.org/images/Recalls.pdf

    http://www.ibfan.org/site2005/abm/
    paginas/articles/arch_art/85-6.xls

    semoga berguna.
    bagi rekan – rekan yang sedang mempunyai anak bayi yg
    lagi lucu-lucunya, semoga bisa berhati – hati untuk
    memilih susu formula.


    ::Thanks mbak atas atensinya…salam

  75. mereknya apaan aja yah kira2?


    ::yang jelas bukan Levis atau Lea

  76. apa sih yang g mungkin di indonesia, semuanya memungkinkan di indonesia mah….dah harga susunya mahal eh…ada bakterinya lagi, untungnya dah ketauan kalo kagak bisa bahaya BOSSSSSSSSS, kita lihat ada tindak lanjutnya g dr pemerintah yang katanya diisi orang pintar semua.

    ::Yang paling aman minum susu langsung dari sapinya…

  77. tung ja udah di temuin ma IPB, klu g bisa² bayi Indonesia bisa terkontaminasi smua…
    bwt BPOM ma menkes, kerjaan na paan ja seh??!
    kok sampe g taw??!

    ::BPOM ?????????

  78. BPOM ganti IPB aje

    ::jeh IPB kan singkatan dari Inilah Penemu Bakteri sedang BPOM adalah singkatan dari Bagaimanapun Pasti Ogut Menang…

  79. kacian gnerasi muda indonesia, baru melek lhat dunia dah jdi santapan para pengusaha yg egois.

    ::wah…sudah…telat…dari dulu kasian melulu sekarang waktunya kita bertindak, ayo rame-rame minum ASI…tapi bapak-bapaknya jangan ikutan lho

  80. Wah…kacau nih indonesia…!!banyak orang indonesia bodoh..klo rakyatnya bodoh itu wajar tp klo pemerintahnya bodoh itu luar biasa atau pemerintah “pura-pura” bodoh?yang penting dapat duit trus tutup mulut…bayi ga tahu apa itu bakteri Enterobacter sakazakii, mereka cuma tau perut kenyang…bayi masih punya hak untuk hidup jadi tolong lindungi hak mereka jangan ambil hak bayi hanya untuk kepentingan pribadi..”pemerintah wajib melindungi rakyat bukan membodohi rakyat…” ini bayi bos..!!!please deh…!!! mereka ga punya salah apa-apa ma kita-kita orang yg dah tua-tua….jadi tolong dong buat yang berwenang atas kasus ini supaya segera diselesaikan..mau nunggu apalagi? sogokan?


    ::kalau begini truz….25 tahun lagi akan muncul generasi idiot

  81. Ada beberapa pertanyaan yg patut diajukan:

    1. Kenapa sampelnya hanya produk lokal, sebaiknya sampel diambir bukan hanya produk lokal karena produk luar yg dipasarkan di Indonesia juga banyak. Biar seimbang sampel sebaiknya diambil dari produk DN & LN

    2. Semua produk susu dan makanan bayi sudah melalui ijin dari BPOM, apakah BPOM sebegitu teledornya

    3. Harus ada penelitian dari pihak lain untuk menguji konsistensi temuan ini

    4. Bagaimana tanggapan Menkes

    ::Hayo BU Menkes Jawab dunk

    5. Sebutkan semua produk lokal yg tercemar tsb biar masyarakat tahu

    6. Penelitian IPB dibiayai oleh siapa

    ::hayo IPB Jawab dunk….katanya oleh APBN

  82. “An exellent post on a good blog, you can make some money with your blog, like me at http://blogmakemoney2.blogspot.com“

    ::Thank You sir, but in wordpress we can’t advertise like in blogspot. I have one blog in blogspot with address http://penawaranbisnis.blogspot.com/ may be we can join in your business, Regards

  83. [...] SUSU FORMULA DAN MAKANAN BAYI YANG TERCEMAR BAKTERI Ini tentu sebuah berita buruk yang mengejutkan kita, bagaimana mungkin susu formula dan makanan bayi yang telah melalui […] [...]

    ::ini si MATT WORDPRESS yang kirim

  84. Misteri Nama-Nama Susu Dan Makanan Bayi Yang Tercemar Bakteri Enterobacter Sakazakii

    Nama-nama susu dan makanan bayi yang tercemar bakteri enterobacter sakazakii itu hingga saat ini masih misteri. Sri Estuningsih, peneliti IPB yang menemukan 22 persen susu formula (dari 22 sampel) dan 40 persen makanan bayi (dari 15 sampel) tercemar ba…

  85. koq tiba2 isu susu pormula ini jadi hebih ya, saya boq baru tau dari blogosphere aja ya

  86. itu kan bilangnya produk lokal..nah kl yg imported atas lisensi ato produksi atas lisensi perusahaan asing tuh termasuk gak ya…..

    ::yang diteliti hanya produk lokal

  87. @satya sembiring: Duh Pak, yang namanya penelitian itu bukan grasa-grusu kalee… Emangnya penelitian cuma satu hari…
    Justru kalo IPB release daftarnya jadi masyarakat resah… Yang berwenang kan BPPOM. Tapi agak aneh juga siy…

  88. @padma:
    A: menyangkut patologi hewan memang wilayah dokter hewan
    B: produk susu(formula) itu sudah di luar wilayah dokter hewan.

    Bu, kan yang diteliti patologi dalam susu…. Trus piye, lagian bener kata leftclick, susu formula kan extraksi susu sapi juga bukan?

  89. @jeje: makanya lagi mau dilebarin niy pikiran saya… Setelah ramadhan kali ya lebarannya..

  90. @jeje: yeee….yang saya komplain kan kata “meyakinkan” pak/bu jeje.. Sounds penelitian itu gak meyakinkan kalo dilakukan oleh sekelompok dokter hewan..
    @padma: tanya donk, kenapa bisa susu formula di luar wilayah dokter hewan? Emang susu formula itu bukan dari hewan? Emang susu formula diperah dari ibu2?
    Trus ya kalo masyarakat resah ya bagus donk, artinya masyarakat masih aware terhadap kesehatan hehehe. Tapi penelitiannya ya gak bisa berlaku umum.. Yang error kan cuma beberapa persen dari produk sample itu..

    Nah sekarang pertanyaannya Bu MenKes yang baik budi menyangsikan penelitian itu, apakah Bu MenKes udah melakukan penelitian kontra? Ayo donk, penelitian bales dengan penelitian.. Data dengan data…
    Ketika ilmuwan udah bahas hasil penelitian mereka, pasti tanggung jawab kok terhadap penelitiannya…
    *jayalah ilmuwan kita*

  91. @leftclick..menyangkut patologi hewan memang wilayah dokter hewan tapi produk susu(formula) itu sudah di luar wilayah dokter hewan nak..jadi kalau mau buat penelitian ttg hal tersebut untuk disampaikan ke masyarakat ya bekerjasama dong dengan pihak2 yang lebih ‘terkait’, farmakolog kek, dokter kek..jadi arahnya lebih nggenah, gitu..

    ::betul sekali……bu padma….mungkin sebaiknya bekerjasama dengan dokter GIGI spesialis taring harimau sebelah kiri

  92. @leftclick … he he he kok Anda pikirane sempit, sudah tahu mas klo dokter hewan mana mungkin ngobatin manusia… Yang penting ada tindak lanjut dari dokter pada umumnya gitu aja kok repot.

    ::masih mending dokter hewan je…lha kalau paranormal yang nemukan….gimana pertanggung jawabannya secara ilmiah….?

  93. apa berarti gak usah pake susu formula sama sekali ya…???

    asi is da best.. :wink:


    ::udahlah……………. bayi dan Bapak sama-sama minum ASI, Ibu-ibu siap-siap makan daun katu yang banyak

  94. masyaALLAH udah 3 tahun ditemukan kok baru sekarang di ungkapkan kemasyarakat, BPOM apa aja sih kerjanya ?????????


    ::namanya juga BPOM singkatan laennya Badan Pengawasan Opo Maneh

    • knp seh, Pemimpin Indonesia selalu lemah cuma krn rupiah lgsng lemes dah u umumkan merk susu yg trkontaminisai,,,
      ingat bpk2/ ibu2 kalian jg pny penerus hidup apa mau penerus kalian d dlm tubuhnya ada bakteri yg mematikan…
      kasihannilah kami para ibu yg peduli dgn penerus hidup kami & bangsa ini…

  95. tolong pihak yang mengetahui sebutkan saja merk susu yang terkontaminasi bakteri tersebut, gar tidak bertambah lagi korban, apa musti nunggu anak-anak kita mati dulu………………please…………….

    ::Toloooong Depkes….BPOM ….IPB…..segera umumkan….apa perlu DEPHANKAM yang umumkan

  96. kenapa gak dari dulu ipb mengeluarkan ini, dan kenapa juga ipb tidak menyebutkan langsung produk susunya? kan masyarakat jadi bingung.
    kok kayaknya pake jalur masing masing
    ya

    thk
    http://www.satyasembiring.co.cc

    ::itulah kelebihan IPB

  97. @Jeje: emang kalo dokter hewan kenapa? Menyangkut patologi dari hewan ya dokter hewan donk… Lagian dokter hewan kan udah disumpah gak boleh ngobatin manusia… Dokter hewan udah nemuin ya dokter manusia donk yang follow-up, trus gak ada deh hubungannya dengan meyakinkan atau nggak


    ::mungkin jeje heran aja gituloh……..? kok nggak Sarjana Kesehatan Masyarakat atau mungkin sarjana pertambangan? wakakakk

  98. merk susu yg tercemar bakteri itu susu apa aja?
    hrs disebutkan donk

    ::Ya..ini saya juga lagi cari informasi ke Depkes namun belum ada tanggapan

  99. kok dokter “HEWAN” yang meneliti…. apa ngga ada dokter laen yang menyakinkan…. apa mau bikin “SENSASI”…..yang jelas dong kasih infonya. Trs apa sudah ada “TINDAK LANJUT” ?

    ::Seharusnya pemerintah segera menindaklanjutinya dengan memanggil para produsen susu yang dimaksud lalu diberi peringatan…jika masih terulang…ambil aja perusahaannya sama pemerintah

  100. MERK-nya apa saja? Umumkan saja….

    ::Betul, umumkan saja daripada masyarakat jadi korban. Atau ada yang memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu.

  101. BPOM MANDUL SIH KERJANYA CUMA DUDUK DUDUK DAN TERIMA GAJI, BARU ADA MASALAH BINGUNG, DASAR PERILAKU PNS GAK ADA PERUBAGAHNNYA, BERAPA GENERASI KITA YG DAH TERDAMPAK AKIBAT MEMAKAN-MAKANAN YG BERBAHAYA….?! BPOM BANGUN JGN CUMA TIDUR

    :: BPOM sebenarnya tidak mandul cuman tumpul, maklumlah birokrasi masih peninggalan jaman baheula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: