Tahukah Kamu Apa Itu Lemak Susu?

ilridotorg.jpgKomposisi susu sapi terdiri dari?87% air, 9% padatan bukan lemak, dan sisanya 4% adalah lemak susu. Lemak susu tidak membahayakan bagi tubuh. Hanya 35% yang diduga dapat meningkatkan kolesterol, sedangkan sisanya 65% tidak memiliki efek buruk pada kesehatan.

Asam lemak linoleat yang terkonjugasi pada lemak susu berfungsi menghambat pembentukan tumor, menurunkan risiko beberapa penyakit seperti kanker, hipertensi, dan diabetes, serta dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Kandungan asam butirat pada lemak susu memiliki daya cerna yang tinggi dan berperan sebagai anti kanker usus besar serta mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh.

Fosfolipid yang terdapat di dalam susu terdiri dari fosfatidil kolin (lesitin), sphingomyelin, fosfatidil inositol, dan fosfatidil serin yang berfungsi sebagai pelindung mukosa usus terhadap serangan bakteri patogen. Fosfolipid tersebut merupakan bagian terbesar penyusun otak, jaringan saraf, hati, otot, jantung dan sperma, serta dapat berfungsi sebagai anti kanker.

Di dalam susu terdapat kolesterol sebanyak 13 mg/100 ml, sedangkan dalam ASI sebanyak 10-140 mg/100 ml. Kolesterol berperan sebagai prekursor pembentukan asam empedu, hormon steroid, vitamin D dan otak serta berperan penting dalam sintesis DNA dan pembelahan sel. Kandungan AA (arachidonic acid) dan DHA (docosa hexaenoic acid) di dalam susu berfungsi untuk memelihara fungsi sel-sel otak dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat dan sintesis prostaglandin.? ?

di kutip dari sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=863

5 Tanggapan

  1. thanx infonya .. kalo boleh tau, bagaimana yah caranya analisa lemak susu itu?? sama tidak dengan analisa lemak total biasa?? kalau sampelnya berupa produk dari susu misalnya coklat, bisa kita ketahui berapa kadar lemak susunya dan dengan cara apa??
    thanx🙂

  2. makasih infonya

    T O P bgt…

  3. makacih infona ….
    TOP BGT…
    bntu tugas KULIAHquw…
    thenkzzz

  4. […] dapat meningkatkan kolesterol, sedangkan sisanya 65% tidak memiliki efek buruk pada kesehatan (anonim […]

  5. wah…informasinya menarik banget…makasih yaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: