Hati-hati! Daftar Susu Formula Tercemar Enterobacter sakazakii tidak resmi

Beredarnya daftar susu yang tercemar Bakteri Entrobacter sakazakii dengan menyebutkan produk, cukup membuat saya terkaget-kaget. Mengapa demikian sebab badan resmi yang seharusnya mengeluarkan pengumuman tentang hal tersebut yaitu BPOM hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan. Hingga tanggal 15 Maret 2008, BPOM telah memeriksa 38 sample yang dinyatakan bebas bakteri tersebut dari sekitar 98 sample, sisanya saat ini sedang dalam pemeriksaan laboratorium. Waktu untuk pemeriksaan ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Jadi daftar yang beredar saat ini seperti yang dirilis oleh beberapa blog yang “katanya” bersumber dari “peneliti IPB’ dengan menyebutkan merek susu itu, harus kita waspadai jangan sampai ini termasuk strategi “perang dagang” dan kita masuk didalamnya sebagai katalisator. Sehingga merek susu yang dimaksud (sebagian besar dalam negeri) akan kehilangan pangsa pasar.  Hal ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan dampak sosial dan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan yang dimaksud.  Sementara penelitian tersebut baru diambil dari satu penelitian, sedangkan belum ada pembanding yang menyatakan hal yang sama untuk kasus yang sama.   Jika memang terbukti benar daftar yang beredar di Blog tersebut dan telah diumumkan oleh BPOM, maka pemerintah sebaiknya mengambil langkah tegas terhadap produsen yang dimaksud.

Memang saya sendiri melihat kelemahan BPOM adalah mereka tidak segera mengumumkan hasil uji laboratorium mereka sebelumnya sesuai periode jangka waktu pemeriksaan atau mengapa reaksinya terhadap kasus ini begitu lambat. Hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh para produsen susu formula bayi untuk saling menjatuhkan pesaing mereka, yang jadi korban juga akhirnya adalah para produsen itu sendiri dan konsumen yang bingung menunggu ekspose hasil pemeriksaan BPOM.

Blog ini sendiri belum menampilkan daftar susu formula bayi yang tercemar oleh bakteri sakazakii, walaupun ada mendapatkan info via email atau sms bahkan lewat komentar di blog ini. Hal ini demi menjaga agar konsumen tidak lebih panik, dan menghindari berita yang simpang siur. Kami akan menunggu kabar resmi dari BPOM sebagai pembanding data dari IPB. Sebaiknya ibu-ibu yang memiliki bayi mulai memikirkan untuk kembali ke ASI, sambil menunggu pengumuman daftar susu yang tercemar Enterobackter sakazakii.

Berita Terkait :

ANTARA News
Tempointeraktif
BANTAHAN DR. SRI ESTUNINGSIH peneliti susu formula bayi tercemar bakteri sakazakii dari IPB

 

21 Tanggapan

  1. termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan🙂 , Abeje

  2. kalo dampak terhadap industri susu apa ya mas ?????????

  3. saya ibu baru memiliki putera…susu yang baik untuk bayi baru lahir apa….dari RS lactogen saja….bisa dilanjutkan ataukah bisa diganti dengan yang lebih tinggi, kira-kira usia berapa bisa digantikan susunya?thanx

  4. […] Hati-hati! Daftar Susu Formula Tercemar Enterobacter sakazakii tidak resmi […]

  5. Yuk,back to asi

    • maaf yah bu…. saya cuman mo bilng, bahwa tidak semua ibu bisa ngeluarin ASI…. gto aja bu…. ^_^

  6. Sorry, but what is mariburjeka?

    Jane.

  7. Coba mas kupas dari sisi politisnya. Saya dari jurusan Gizi juga, dan alumnus IPB juga…penelitian savety food memang banyak temuan seperti itu…dan akhirnya kita merasa ngeri makan makanan yang beredar ..bahkan konyolnya ada gosip dosen yang beraliran safety food banyak yang hanya makan pil, karena menganggap semua makan mengandung bakteri dan mikroba lain….ya iyalah mikroba mana yang ga nempel di makanan terbuka. Saya gak heran dengan penelitian tersebut, tetapi saya menanyakan KE”VALID”AN PENELITANNYA, misalnya apakah susu diambil ketika sudah terbuka, atau dilakukan di ruang steril sehingga ga mungkin mikroba masuk, kecuali dari susu??? Bahkan yang saya takukan adalah adanya KONSFIRASI UNTUK MENGUNCANG BU MENTERI, KARENA BU MENTRI MEMBONGKAR KASUS VAKSIN FLU BURUNG. LAGIAN PENELITIAN 3 TAHUN LALU HEBOH BARU SEKARANG…ANEH….MAU MENGGONCANG BU MENTRI TUH…KONSFIRASI ASING PUN BERPERAN…INI BUKAN SEKEDAR PENELITIAN MURNI, TETAPI ASPEK POLITIK PUN SUDAH MASUK….HATI-HATI!


    ::Ya..apapun dapat kita duga…tetapi tetap berpikiran jernih

  8. hehe.. apakah ada hubungannya dengan generasi masa kini indonesia?? kalo dari susunya aja ada bakteri… bagaimana bisa tingkat kecerdasan anakanak indonesia berada dikelas yang tertinggi.

    alakulihal.. semoga daftar merek susu yang bermasalah tersebut bisa diumumkan sehingga ada tindakan preventif dari kaum ibu untuk melindungi bayinya…

    dan sedikit berkampanye sehat… mari para ibu selalu memberikan asi setidaknya 2 tahun bagi putra putri anda.

    semoga bermanfaat..
    wassalam..
    bimaa.wordpress.com

    ::THANKS MAS BIMA

  9. Info yang bagus, biar kita kagak khawatir. Btw, bagaimanapun juga ASI itu lebih dari segalanya (=susu formula, red.)

    ::setuju🙂

  10. mangkanya yuk balik aja ke susu murni alias ASI

    baca selengkapnya di http://varendy.wordpress.com

    ::silahkan ke linknya varendy

  11. saya rasa masalah daftar susu berbakteri kalau badan bpom belum memberi tahu jangan menerka-nerka, lebih baik kita berhati-hati saja kalau mau pakai prodak susu pakai saja yang sudah bermerek, karena tidak semua susu mengandung bakteri, kasihan dengan anak indonesia apabila tidak mengkonsumsi susu terlalulama, karena asupan nutrisnya tidak mencukipi apbila tidak mengkonsumsi susu,kalau pelu memberikan ASI eklusiplebih lama itu lebih baik

    ::berikan aja saja ASI

  12. yang bikin susu berbakteri, itu orang biadab


    ::orang biadab darimana nih pak tonkin?

  13. justru kita harusnya lebih mengalakkan ASI eksklusif donk.

    ::betul

  14. Uh kasihan yang punya anak kecil nih, jadi bingung,
    Mau beli susu aja udah bingung karena mahal, terus bingung lagi katanya ada bakterinya……………..
    Bingung kuadrat yeuh…….

    ::beri ASI aja dulu pak

  15. buktinya peneliti IPB ybs. membantah bahwa mereka sudah merilis daftarnya…jadi siapa yang menyebarkan daftar tersebut..apakah bukan lebih menyesatkan lagi?, dasarnya apa….?

    ::cari aja blognya

  16. harus diwaspadai juga yang memberi peringatan berhati-hati karena hal ini bisa berarti adanya usaha perang dagang tidak sehat …

    istilah kerennya disinformasi🙂

    ::betul, namun saya punya dasar berdasarkan pengakuan dari peneliti IPB sendiri yang mengatakan bahwa beliau belum ada merilis tentang nama-nama susu formula bayi yang tercemar bakteri

  17. wah kemarin tuh ada yang nulis di blognya bahwa peneliti IPB sudah mempublikasikan…? gimana tuh pertanggung jawaban moralnya…?

    ::tanya sama yang punya bloglah

  18. akhirnya ada juga blog yang cool, ga ambil kekeruhan diantara susu

    ::mencoba jalan tengah

  19. kasihan para ibu bingung memberi susu pada anak mereka.

    ::saatnya kembali ke ASI

  20. http://www.ipb.ac.id/id/?b=623

    ::Thanks Mas Luthfie🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: